BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Desember 2011

TIGA TEPAT MAG


Sangat tidak enak ketiak mag sedang menyerang. Rasanya sangat tidak nyaman, ulu hati nyeri, mual, muntah, kembung, cepat kenyang atau begah, bahkan disertai sendawa. Ini akibat adanya peradagangan, yang terdiri atas iritasi dan pembengkakan, dari permukaan dalam lambung. Sakit mag disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor yang paling sering menimbulkan sakit mag adalah makanan atau minuman yang menyebabkan kerusakan atau hilangnya lapisan pelindung permukaan lambung. Contohnya alkohol.
            Namun, bila sudah terlanjur mag, kita justru harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Karena bila salah makan, mag malah kian bertambah parah. Penderita sakit mag harus menerapkan pola makan sehat. Itu berarti harus memenuhi syarat jumlah sesuai kebutuhan, jenis beragam dan lengkap, dan dengan jadwal yang teratur. Oleh sebab itu, ada tiga tepat untuk mengurangi datangnya mag tersebut. Yaitu dengan cara :
            Tepat waktu adalah jadwal makan kita harus teratur, yang baik adalah jangan memulai makan setelah anda benar-benar lapar. Atur waktu makan anda seperti makan pagi berkisar pukul 06.00 – 08.00, makan siang pukul 12.00 – 13.00, dan makan malam jangan makan diatas pukul 20.00. diantara jam makan utama itu kita bisa mengkonsumsi makanan selingan sehat seperti buah, agat-agar, kacang rebus atau kacang panggang. “yang perlu diingat jangan biasakan terlambat makan atau makan tidak teratur, karena asam lambung akan merusak selaput lender lambung sehingga bisa menyebabkan terkena gastritis atau sakit mag.”
            Tepat nutrisi artinya tidak boleh makan berlebih atau kekurangan. Jika berlebihan akan membebani saluran cerna dan juga akan memberikan kalori yang berlebih yang akan menyebabkan kegemukan. Sedangkan kekurangan tubuh akan kekurangan sumber energy sehingga tubuh akan terasa lemah dan tidak dapat melakukan katifitas secara optimal. Memilih jenis makanan harus berpedoman gizi seimbang. Dengan demikian jenis makanan harus lengkap mengandung sekitar 50-60 % karbohidrat, 10 – 15% protein, dan 20-30% lemak. Dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Dan disarankan untuk menghindari makanan yang merangsang lambung seperti pedas, asam, kopi, minuman bersoda, dan minuman mengandung alkohol.
            Tepat solusi untuk lambung sehat meliputi aktivitas seputar makan, yakni sebaiknya makan sesuai jadwal, jangan tunggu lapar, dan sehabis melakukan aktivitas berat sebaiknya istirahat terlebih dahulu baru makan. Pada saat makan mengunyah makanan dengan baik dan tidak terburu-buru karena akan membebani saluran cerna. Saat makan jangan diselengi dengan minum karena akan mempercepat timbulnya rasa kenyang semu. Selain itu, setelah makan, dianjurkan tidak langsung melakukan aktivitas berat atau tidur karena akan menggangu proses pencernaan, dan dianjurkan untuk tidak duduk tetapi melakukan aktivitas ringan.
            Sellain faktor makanan dan minuman, sakit mag juga terjadi karena adanya infeksi lambung yang disebabkan oleh bakteri Helikobakter pilori. Penggunaan obat seperti aspirin atau obat antiperedangan non-steroid lainnya juga bisa menimbulkan efek samping sakit mag. Faktor lainnya adalah merokok. Sedangkan penyebab yang jarang terjadi adalah karena gangguan kekebalan diri atau otoimunitas, masuk kembalinya cairan empedu, makan/minum senyawa yang korosif seperti racun, asam lambung yang berlebihan karena stress, infeksi virus saat system kekebalan lemah.

0 komentar: