BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Desember 2011

BELAJAR DISIPLIN DARI BINATANG


Tidak sedikit dari kita yang suka binatang, seperti anjing, kucing, kelinci, burung, ikan, dan bahkan binatang buas pun dipelihara, walaupun mungkin jarang ada yang mau memelihara binatang buas. Tetapi selain menjadi hewan peliharaan, binatang juga sahabat manusia. Karena itu, kita harus memperlakukan binatang dengan baik. Salah satu hal yang membedakan manusia dengan binatang adalah manusia memiliki budi pekerti, sedangkan binatang tidak. Walau begitu, binatang juga punya sifat seperti manusia. Ada binatang yang rajin, setia, tidak mudah menyerah, atau malas. Kita bisa meniru sifat-sifat baik mereka, seperti :
  • ï  Setia seperti anjing
Banyak orang memelihara binatang yang suka menggonggong. Salah satu alasannya karena binatang ini setia dan pintar. Anjing bisa dilatih untuk diajak bermain, menjadi penjaga rumah, bahkan menjadi penuntun orang buta. Anjing menganggap manusia sebagai sahabatnya. Sebaliknya, manusia juga menganggap anjing sebagai sahabat. Oleh karena itu, jarang seekor anjing meninggalkan orang yang selama ini memeliharanya, bahkan ketika orang itu mengusir atau memarahinya.
  • ï  Semut yang rajin
0semut adalah serangga kecil, tetapi binatang ini sangat rajin. Coba perhatikan seekor semut, pasti hamper tidak pernah kita melihat semut itu diam. Semut selalu berjalan kesana kemari untuk mencari makan. Semut rajin mengumpulkan makanan untuk masa depan dan suka membantu teman yang kesulitan membawa makanan.
  • ï  Sabar seperti keledai
Keledai adalah binatang yang mirip dengan kuda, tetapi badannya lebih kecil daripada kuda. Sejak zaman dulu, manusia menggunakan keledai sebagai alat pengangkut. Keledai siap pergi kemana saja yang dikehendaki tuannya. Keledai terlihat malas dan bodoh, tetapi sebenarnya keledai itu binatang yang sabar dan tidak pernah marah meskipun membawa beban yang berat.
  • ï  Pantang menyerahnya elang
Elang adalah jenis unggas yang mempunyai umur paling panjang didunia. Umurnya bisa mencapai 70 tahun. Elang juga merupakan burung yang mampu terbang paling tinggi diantara jenis burung. Walaupun ada angin yang sangat kencang, elang akan tetap terbang, bahkan lebih tinggi. Elang tidak akan menyerah untuk terbang tinggi walaupun ada angin kencang.
  • ï  Janji merpati
Burung merpati adalah binatang yang tidak pernah ingkar janji. Dahulu kala, manusia menggunakan burung merpati sebagai pengantar pesan karena pada saat itu belum ada jasa pos, lepon, dan e-mail. Merpati tidak pernah kesasar saat mengantarkan pesan. Ia tidak pernah ingkar janji dengan melupakan tugasnya untuk mengantar pesan. Setelah mengantar pesan ia akan kembali kepada orang yang memeliharanya.
  • ï  Ramah seperti kucing
Siapa yang belum pernah melihat kucing? Banyak orang memeliharanya karena kucing adalah binatang yang manis dan lucu. Selain itu, kucing juga binatang yang ramah. Kalau kita memanggil kucing yang sedang berjalan, kucing itu akn segera melihat kita dan berkata “meong…”. Sering seekor kucing dating dan mengelus-elus kaki kita walaupun kita bukan tuannya.
  • ï  Tertib ala belalang
Belalang adalah serangga kecil yang dapat ditemukan direrumputan dan semak belukar. Belalang memiliki dua mata yang besar dan kaki kuat untuk melompat. Belalang tidak punya pemimpin, tetapi mereka bisa berbaris dengan teratur. Tanpa ada yang memerintah, belalang tahu tugasnya untuk berbaris.

0 komentar: