BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Desember 2011

KREATIVITAS ANAK


Percaya atau tidak, daya kreativitas memiliki peran yang cukup besar dalam menentukan kesuksesan seorang anak pada masa depan. Terkadang karena tidak mau repot, banyak orang tua hobby melarang anak. Misalnya, anak yang banyak bertanya disuruh dian atau tidak diberi jawaban yang semestinya. Demikian pula, anak yang hobby mencorat-coret atau mengutak-atik, dimarahi dan dilarang untuk melakukannya lagi. Padahal, jika diarahkan dengan benar, bukan mustahil gairah dan keingintahuan anak tersebut terbentuk menjadi karakter kreatif yang terus terbawa hingga ia dewasa.
Beberapa hal berikut ini, dapat dilakukan orang tua agar anak tumbuh menjadi anak yang memiliki pribadi kreatif :
1.    Membebaskan anak untuk berimajinasi. Bila perlu, tuntun mereka mengekspresikannya dalam bentuk gambar, cerita lisan, tulisan, gerakan, music, atau lagu. Pandanglah daya khayal anak sebagai sesuatu yang positif, karena bagi seorang anak, daya khayal adalah jiwanya.
2.    Saat anak sedang berkhayal dan berimajinasi, berikan tanggapan yang positif dalam bentuk dukungan. Jagan sekali-kali meledeknya sebagai anak pemimpi. Sebaliknya doronglah ia dengan mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang membuat anak berpikir dan berimajinasi lebih jauh.
3.    Berikan jawaban yang lugas dan logis atas setiap pertanyaan yang disampaikan oleh anak-anak.  Dengan begitu rasa keingintahuannya terasa terpuaskan dan jawaban yang kita berikan akan membuatnya lebih kritis lagi.
4.   Pilihkan mereka mainan yang edukatif dan mampu merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak.
5.    Mengenalkan anak berbagai karya seni, seperti music, drama, konser, dan sejenisnya untuk merangsang jiwa seninya.
6.   Ajari anak untuk menghargai aneka sumber daya alam yang ada disekitarnya.
7.    Terakhir, hargai setiap hasil karya yang mereka buat dengan cara memuji atau memajangnya disuatu tempat strategis. Tunjukan pada mereka bahwa anda sangat menghargai dan bangga atas hasil karya yang telah mereka hasilkan.

Beberapa hal diatas mungkin tidak terlalu sulit dilakukan, tetapi jika anda menerapkan dalam kehidupan sehari-hari niscaya dapat menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas anak.

0 komentar: