BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Desember 2011

SEJUTA KHASIAT KELAPA


Kelapa dikenal sebagai buah yang memiliki begitu banyak manfaat. Mulai dari akar, batang, daun, buah, hingga pelepahnya. Jenis tumbuhan dari keluarga Arecaceae yang biasa ditemukan dikawasan tropis ini betul-betul multifungsi. Mungkin sebagian dari kita hanya tahu bahwa kelapa hanya bisa di jadikan minuman segar saja, tetapi disini akan saya bahas semua manfaat dari kelapa.

  • {  Daun Kelapa
Daun kelapa dapat dijadikan kreasi beragam benda, mulai dari bingkai, lemari, hiasan janur, tempat buah, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, hingga tatakan. Pucuk daunnya dapat dibuat makanan, seperti asinan. Pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya dapat dibuat menjadi kipas, sandal, tas tangan, sampai topi.
  • {  Batang Kelapa
Batang kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tanggga seperti meja, kursi, bingkai lukisan, dan sebagainya. Juga dapat digunakan untuk membuat bahan dasar pembangunan rumah seperti, genteng dan papan.
  • {  Buah Kelapa
Sedangkan buah kelapa berkhasiat bagi ramuan kesehatan, mulai dari obat untuk keracunan, sakit panas, panas dalam, demam berdarah, kencing batu, influenza, morbili, mengusir cacing kremi, hingga sakit gigi berlubang. Air kelapa hijau (dicampur satu potong gula aren) juga berkhasiat untuk mengurangi sakit ketika wanita datang bulan.
  • {  Kelapa
Kelapa pun bermanfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit. Buah dan air kelapa dapat mencegah atau mengurangi tumbuhnya uban dikepala, yang sering kali tumbuh bukan hanya dikepala mereka yang sudah tua namun juga diusia muda. Hal ini disebabkan oleh stess, dan salah memilih produk shampoo yang mengandung bahan kimia. Sememntara air kelapa yang mengandung tannin (yang merupakan anti bakteri dan vitamin C) berkhasiat untuk mengilangkan ketombe, selain juga dapat melembabkan rambut sehingga tak mudah kering dan berminyak (yang mengakibatkan rambut mudah rontok dan kotor).
  • {  Minyak Kelapa
Selain itu, minyak kelapa juga dapat menghaluuskan tumit pecah-pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya kasar karena seering bergesekan dengan lantai atau tanah. Dan bisa juga menyamarkan lutut dan siku yang menghitam (lutut dan siku sangat mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan. Akibatnya kedua bagian itu menghitam, apalagi tampa disadari, anda sering berlutut atau menyandarkan siku pada pegangan kursi. Sehingga lama kelamaan lutut dan siku akn menjadi hitam).

            Tak hanya bagian tubuh, buah kelapa juga berkhasiat pada kulit wajah. Daging kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak dikulit wajah. Caranya : ambil satu buah kelapa dan parut. Tambahkan air sedikit agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah, kecuali area mata. Untuk mata, tempelkan irisan mentimun. Biarkan selama 20 sampai 30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.
            Dari penjelasan diatas kita bisa tahu, bahwa ternyata kelapa tidak hanya menjadi minuman segar dan santan saja. Tetapi kelapa pun bisa dibuat untuk yang lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Mulailah memanfaatkan semua khasiat yang ada pada kelapa.

0 komentar: