BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Desember 2011

MENYEMBUNYIKAN FAKTA


Ada sebuah cerita humor. Sebuah stasiun radio melaporkan hasil pertandingan kejuaraan balap mobil internasional. pembalap Indonesia berhasil menempati posisi kedua, sementara juara pertama di menangkan oleh Amerika Serikat, seru sang reporter dengan bangga. Semua orang kagum. Di tingkat internasional, bukankah menjadi juara kedua sudah merupakan prestasi yang membanggakan? Nanti dulu. Ada satu fakta yang tidak disebutkan oleh sang reporter. Pertandingan itu hanya diikuti oleh dua negara!
            Orang bisa saja berkata benar, tetapi tidak mengatakan apa yang sebenarnya. Sebuah fakta yang kita sembunyikan bisa membuat orang menagkap kesan yang keliru. Itu yang sering sekali kita lakukan, untuk kita bisa terlihat tidak begitu mengecewakan, kita berbuat demikian, tidak menjelaskan secara keseluruhan. Untuk menutupi hal tidak kita inginkan terjadi.agar tidak terlihat begitu mengecawakan, dan dapat menyenangkan hati orang yang mendengarnya.
            Apakah anda sering menutup-nutupi kenyataan, demi menciptakan kesan baik di mata orang? Kita dipanggil bukan hanya untuk berkata benar, tetapi mengatakan kebenaran sejati. Kita tidak perlu berkata bohong untuk menipu bahkan menyesatkan orang. Cukup dengan tidak mengatakan apa yang seharusnya kita katakana. Diam disaat yang tepat menyehatkan, diam disaat yang salah menyesatkan.

0 komentar: