BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 13 November 2011

BUNGA DAN DAUN

Sun Zi menulis buku dengan judul Sun Zi Bingfa (seni berperang) yang sangat fenomenal lebih dari 2.300 tahun yang lalu. Ternyata, prinsip-prinsip strategi kemiliteran yang terdapat dalam buku tersebut di anggap masih relevan hingga saat ini. Bahkan, prinsip-prinsip itu banyak dipakai dalam dunia bisnis yang sarat intrik, juga dalm hubungan antar manusia yang kompleks.
Sun Zi pernah mengungkapkan sebuah perumpamaan,  yang sangat mengena berbunyi : “sekuntum bunga sesungguhnya menjadi elok berkat dukungan daun-dun yang hijau.” Daun hijau yang memiliki klorofil (zat hijau daun) sekalipun tidak seelok bunga, mempunyai fungsi yang sangat vital yakni sebagai pemasok nutrisi karbohidrat melalui proses fotosintesis dari air dan gas asam arang, serta penyinaran cahaya matahari.
Perumpamaan diatas hendak menunjukan bahwa kesombongan adalah sikap yang tidak pada tempatnya. Dalam keseharian, sikap kita yang seperti itu bisa menjadi batu sandungan. Dalam keseharian kita pun sering terjadi seperti itu, contohnya saja dalam keorganisasian, setiap pengurus memiliki kessetaraan, sekalipun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk merasa paling hebat, atau sebaliknya untuk merasa rendah diri. Pribadi-pribadi yang menjadi “bunga” atau “daun hijau” dapat saling mendukung untuk menghasilkan “buah-buah” yang baik; dalam kehidupan sehari-hari mauputn saat berorganisasi. Itulah sedikit contoh kecl yang dapt kita jumpai dimana pun kita berada dalam organisasi yang kita ikuti.
Mulailah menganggap semua bagian memiliki keistimewaan dan karakteristik masing-masing yang akan membuatnya menjadi lebih baik bila kita bisa menyatukannya dan bisa mengatur semuanya dengan baik dan menghasilkan buah yang baik pula.

0 komentar: