BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 10 November 2011

KEINDAHAN


Keindahan merupakan satu kata yang berawal dari kata indah. Dan kata indah itu sendiri menggambarkan sesuatu yang membahagiakan dan sesuatu yang baik. Dan artinya kata keindahan mendeskripsikan segala sesuatu yang baik, yang membahagiakan yang ingin dimiliki semua orang. Dan kata indah itu sendiripun akan membuat kita berada di posisi nyaman dan tentram. Sehingga pastinya semua orangpun ingin memiliki keindahan dalam hidupnya, apapun keindahan itu.
Keindahan sebuah hidup, adalah impian semua orang. Banyak cara orang untuk bisa mendeskripsikan keindahan sebuah hidup, tetapi sebagian besar cara orang mendeskripsikan keindahan sebuah hidup dari hidup yang mewah, keluarga yang bahagia, intelegtual yang baik, masa depan yang cemerlang, dapat bergaul dan memiliki teman-teman yang baik. Bagi sebagian orang, itulah kesempurnaan hidup. Mereka dengan baiknya mendeskripsikan arti keindahan hidup sedemikian baiknya, tanpa mereka mengerti makna dari hidup itu sendiri. Kita selalu menuntuk kebahagian itu datang kepada kita, kita menjalani hari-hari kita dengan percaya bahwa hidup itu indah.
Kita bisa dengan lantangnya bilang hidup ini indah, saat kita mendapat pekerjaan yang layak, saat kemampuan intelegtual kita dapat penghargaan, saat semua teman-teman kita mendukung kita, dan saat kita memiliki keluarga yang harmonis dan makmur. Maka dengan keadaan yang seperti itu, kita dapat dengan mudah dan dengan percaya dirinya mengatakan bahwa “hidup itu indah”. Tapi apakah kita bisa berteriak dengan lantang dan dengan PDnya saat kita tidak memiliki apa-apa, saat semua orang menjauhi kita, saat kita di tolak sana-sini saat melamar, saat kemampuan intelegtual kita di pertanyakan, dan saat keluarga kita dalam keadaan yang tidak baik? Mungkin yang akan kita katakana bukan “hidup itu indah”, tetapi mungkin yang ada di benak kita dan yang mungkin akan kita katakan adalah “dunia ini kejam”.
Tapi ada atau tidak adanya masalah, hidup itu tetap indah. Bagi orang yang cerdas, keindahan sebuah hidup itu tidak dilihat dari seberapa senyum yang keluar saat mendapat kejadian baik atau keadaan baik, keindahan itu tidak dilihat dari uang atau harta yang kita miliki ataupun hal-hal yang lain yang dapat membuat kita tersenyum.
Tetapi keindahan sebuah hidup akan terlihat saat kita bisa mencampurkan semuanya. Saat kita dapat mencampurkan kemewahan dengan kekurangan, saat kita bisa mencampurkan tangisan dengan tawa, saat kita bisa mencampurkan ketenangan dengan ketegangan, ataupun saat kita bisa mencampurkan kemarahan dengan senyuman. Dasaat kita bisa mencampurkan semua itu, kita tidak akan melihat lagi sisi buruk dari kehidupan ini. Semuanya akan bisa kita jalani dengan baik, tanpa harus mengucapkan “kejamnya dunia”. Contoh sederhana yang bisa kita lihat dari kehidupan sehari-hari kita.
Arsik adalah makanan tradisional dari Sumatra Utara atau dengan kata lain dari suku batak. Arsik itu terbuat dari bahan dasar ikan mas, arsik diolah dengan beragam bumbu lain yang akan membuat arsik itu menjadi sangat enak, apabila ikan mas tersebut dimasak tanpa bumbu, maka ikan ma situ akan menjadi hambar. Sebaliknya apabila bumbu itu dimasak tanpa ikan mas, seenak apapun bumbu yang kita racik tetap saja arsik itu tidak akan nikmat.
Dari contoh sederhana yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita bisa tahu bahwa, keindahan sebuah hidup tidak hanya terletak pada kemewahan, jabatan, intelegtual ataupun yang lainnya. Tetapi keindahan sebuah hidup akan dapat kita rasakan, apabila kita bisa menggabungkan atau mencampurkan hal yang baik yang diinginkan semua orang dengan hal yang selalu ingin kita hindarkan atau hal yang tidak baik menurut kita.

0 komentar: