BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 05 Juli 2012

Cerdas Tidak Hanya di Kelas


Ketika saya masih kecil, orang beranggapan bahwa yang namanya cerdas itu adalah anak yang mempunyai nilai bagus dikelas. Itupun berlaku hanya untuk mata pelajaran sains dan matematika. Sedangkan ilmu social dan bahasa adalah secara tidak langsung dianggap seperti anak tiri, apalagi pelajaran seperti seni, bidang olah raga,dll. Dari tola ukur itu, sangat banyak anak yang masuk kategori bodoh. Tapi itu dulu, sekarang, definisi cerdas itu sudah jauh bergeser.
Howard Gardner, seorang ahli psikologi perkembangan di Universitas Harvard, Amerika, menyatakan bahwa sesungguhnya kecerdasan seseornag meliputi beberapa unsure (multiple intelligence). Kecerdasan tersebut diantaranya:
·         Kecerdasan matematika dan logika
Mengutak atik angka, memecahkan masalah, bermain teka-teki, atau catur.
·         Kecerdasan bahasa
Senang membaca, mengarang, menulis puisi atau kata-kata mutiara, mudah belajar bahasa baru.
·         Kecerdasan musical
Suka mendengarkan dan bermain alat music, peka terhadap nada ddan irama, lebih mudah mengingat bila dikaitkan dengan music.
·         Kecerdasan Visual-spasial
Bisa menuangkan imajinasinya dalam bentuk tiga dimensi, seperti seorang pemahat atau arsitek.
·         Kecerdasan kinestetik
Pintar dalam olah raga atau seni gerak, seperti menari, acrobat, atlet, acting, dll.
·         Kecerdasan interpersonal
Kemampuan social tinggi, mudah bergaul, pandai memimpin termasuk menangani perselisihan temannya.
·         Kecerdasan intrapersonal
Mampu mengenali diri sendiri, termasuk kelebihan dan kekurangannya, suka merenung dan intropeksi.
·         Kecerdasan naturalis
Suka berada ditengah alam terbuka, mengeksplorasi alam, peka terhadap alam sekitarnya, dst.

            Dari semua kecerdasan yang ada, kita bisa melihat kecerdasan mana yah yang lebih meninjol dalam diri kita, jadi jangan hanya melihat bahwa orang sukses itu dilihat dari pendidikannya. Memang pendidikan itu penting, tapi bukan berarti kita hanya menekuni pendidika itu saja, karena jaman sekarang pun soft skill itu pun penting tidak hanya hard skill. Jadi mulailah merubah pola pikiran kita, yang hanya berfokus pada pendidikan.
           
Karena jauh dari pendidikan, bidang yang lain pun seperti music, menari, menulis, olah raga, ataupun yang lainnya akan membuat hidup kita lebih berwarna dan membuat kita menjadi tidak monoton. Banyakpun orang sukses didunia ini yang sukses bukan karena kecerdasan intelektualnya, tapi dari music, tarian ataupun bidang yang lain. Jadi mulailah merubah pola pikiran kita yang berkata orang cerdas adalah orang yang memiliki nilai bagus dikelas atau IP yang bagus saat kuliah. Karena akan lebih baik, bila keduanya kita jalani dengan seimbang.
Jadi tidak hanya otak kiri saja yang berfungsi, tetapi otak kanan kita pun berfungsi sehingga akan terjadi keseimbangan dalam otak kita, dan saya yakin apabila ada keseimbangan antara kedua bagian otak kita, akan sangat mudah untuk kita dapat pekerjaan yang baik atau ,mendapatkan apa yang kita mau. Karena dengan keseimbangan itu kita akan lebih menguasai banyak hal lagi. Dan itulah yang dicari orang yang tidak hanya pandai dibidang hard skill, tetapi juga dibidang softskill. Dan anda akan memiliki harga yang jauh lebih mahal, daripada seseorang yang hanya memakai hardskillnya saja.

0 komentar: