BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 27 Maret 2012

Resolusi Baru


Dalam setiap awal tahun, atau pergantian tahun, selalu akan ada harapan – harapan yang kita doakan dapat tercapai di tahun yang baru ini, atau bias dibilang resolusi di awal tahun. Demikian juga dengan saya yang memiliki banyak sekali harapan dan doa di tahun yang baru 3 bulan kita jalani ini. Dan pastinya orang-orang disekitar kita yang menyayangi kita memberikan wejangan-wejangan yang dimaksudkan untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Hidup di dunia itu singkat. Kata pepatah jawa, “urip mung mampir ngombe” (hidup itu hanya mampir minum). Dan kalau di ibaratkan, hidup ini ya sepertu uap, yang mudah berlalu. Semua orang tahu itu, dan memang tidak bias dipungkiri semua akan terasa sangat singkat ketika kita mulai di sibukan dengan semua aktivitas yang mengikat kita, bahkan 24 jam yang telah diberikan Tuhan untuk kita, terasa masih kurang, dan 7 hari yang ada juga, kalau bisa ditambah. Tapi itulah yang kita hadapi sekarang. Kita hanya memiliki 7 hari, dan 24 jam untuk kita melakukan apa yang harus kita lakukan dan apa yang ingin kita lakukan.
Kita punya satu hidup untuk ditempuh. Mungkin kita usdah lalui seperempat, sepertiga, setengah, bahkan mungkinlebih dari itu. Tapi pernahkah kita berpikir apa yang sudah kita lalui itu sudah lampau, dan takan kembali lagi. Tetapi bagaimana yang masih sisa? Apakah yang akan kita lakukan dengan sisa hidup kita ini? Sampai kapan kita tetap disini? Tidak ada satupun yang tahu tentang hal itu. “hidup itu singkat dan tak terduga”. Oleh sebab itu buatlah perencanaan dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan pendidikan. Karena hanya itu yang bisa kita lakukan sekarang, semua yang sudah terjadi di masa lampau adalah suatu pengalaman, sekarang adalah suatu perjalanan riil yang harus kita jalani dengan sebaik mungkin dan besok ataupun masa depan adalah misteri yang dapat kita tentukan dari sekarang. Sedikit member ilustri untuk kita dapat lebih memahami yang saya tulis.
Pernah lihat binatang kaki seribu? Bayangkan kalau hewan berkaku banyak ini berjalan sambil sibuk mengamati kakinya satu demi satu, berusaha belajar mekanisme langkahnya. Saya yakin jalannya pasti akan kacau. Daripada kacau, bukankah sebaiknya dia tidak usah memikirkan itu semua? Serupa dengan itu, terkadang untuk kita medndapatkan hal yang sempurna, kita memikirkan semuanya itu secara berlebihan, alhasil, semua yang kita pikirkan terkadang membuat kita sulit mendapatkan yang kita inginkan itu. Dengan kata lain, makin sederhana, semakin baik. Tapi jangan lihat kata “semakin sederhana, semakin baik” hanya dari satu sisi, karena itu malah membuat kita menjadi seorang yang pemalas untuk bekerja, tapi lihat kalimat tersebut, sebagai suatu kalimat nasehat untuk kita, jangan memaksakan kehendak kita, untuk kita dapat mendapatkan yang kita harapkan.
Begitulah seharusnya cara kita menjalani sisa hidup kita. Biarkan semua berjalan apa adanya, tetapi bukan berarti kita pasrah. Disini dituntut kedewasaan kita untuk memilih dan menjalani hidup kita masing-masing. Tetaplah berusaha, tetapi bukan berarti ngotot. Hanya kita yang tahu apa yang kita inginkan, sejauh apa kemampuan kita, dan siapa yang bisa mengerti kita. Kita yang bisa menilai itu sendiri untuk diri kita. Jadi, kenalilah diri kita sendiri, kenali sejauh apa kemampuan kita dan apa yang kita ingini. Karena sisa dari hidup kita ini adalah yang harus kita perjuangkan. Dan tanamkan dalam diri kita masing-masing untuk dapat berkata “meski hidupku seperti uap yang mudah berlalu, tetapi biarlah hadirku membawa aroma harum di manapun aku berada.”
Itulah sedikit nasehat yang saya dapat sebagai bekal di awal tahun ini, teruslah jalani sisa hidup yang ada dengan penuh perjuangan dan kerja keras. Dan berusaha untuk dirimu bisa meninggalkan kenangan manis saat kau meninggalkannya. Karena seberapa jauh anda dikenal, itu akan menjadi penilaian dalam diri anda, bahwa seberapa jauh kehadiran anda berarti. Tetaplah menjalani hidup dengan semangat dan dengan harapan-harapan yang kita doakan dapat terlaksana di tahun ini dan yang terpenting, semoga ditahun ini, kita bisa meninggalkan aroma harum untuk orang yang menyayangimu, mengenalmu, dan untuk orang yang disekitarmu.

0 komentar: