BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 08 Oktober 2010

Arti dan Keuntungan Berbisnis


Dengan perkembangan jaman yang ada pada saat ini, mungkin pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan yang kita butuhkan. Contohnya bekerja menjadi seorang karyawan, yang harus bekerja dari pagi hingga malam, tetapi upah yang mereka dapat tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Oleh sebab itu, untuk sebagian orang,  mungkin berwiraswasta adalah pilihan yang tepat untuk melanjutkan kehidupannya. Karena dengan modal yang sekecil mungkin, mereka dapat menghasilkan profit (laba) yang lebih besar. Tapi tanpa disadari, sebagian orang terkadang salah memilih bidang usaha yang akan mereka geluti atau terkadang mereka kurang mengerti apa itu bisnis sebenarnya.
Apabila anda menginginkan atau bercita-cita untuk menjadi seorang businessman, sebaiknya anda harus dapat memahami terlebih dahulu, apa itu bisnis, supaya anda mendapatkan profit (laba) yang baik dari modal yang seminimal mungkin. Tidak sedikit dari mereka yang bisnisnya berantakan dikarena kurangnya pengetahuan mereka tentang bisnis itu sendiri. Oleh karena itu sebelum anda memulai berwirausaha atau berbisnis sebaiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu bisnis.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan profit (laba). Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.
Seorang usahawan/pelaku bisnis harus mampu memadukan empat macam sumber daya, yaitu :
  1. Sumber Daya Materi
  2. Sumber Daya Manusia
  3. Sumber Daya Keuangan
  4. Sumber Daya Informasi
Oleh karena itu dalam kita berbisnis sebaiknya kita dapat memadukan semuanya itu. Agar kita dapat menjadi seorang usahawan/pelaku bisnis yang dapat memanfaatkan kesempatan dan keadaan yang ada. Seorang businessman harus bisa mengubah pola pikirnya dan harus bisa mengambil cela dari apa yang dibutuhkan masyarakat, agar barang atau jasa yang mereka tawarkan dapat diterima dengan baik dikalangan masyarakat.
     Selamat berbisnis!!!!

0 komentar: